Cara Merakit Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner

by ikhsan ardianto , at 18.32 , has 15 komentar

DIVAIZZ - Cara Merakit Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner. Bagaimanakah cara merakit power amplifier? itu yang dulu selalu ada difikiran saya, maklum saya memang hobi elektronik dulu saya bingung banget bagaimana caar merakit Cara Merakit Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner, pengalaman ini saya dapat dari informasi teman-teman yang kebetulan sama-sama hobi dalam bidang elektrronik.


divaizz.blogspot.com

Dari situ kami bertukar pengalaman dan mereka saya tanya satu demi satu hingga pada akhirnya saya pun bisa paham dan mengerti bagaimana merakit Cara Merakit Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner. Ok langsung saja saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan ini buat sobat semua dan berikat ini adalah alat-alat atau bahan-bahan yang harus dipersiapkan.


1.STEREO TUNER FM

divaizz.blogspot.com

2.KIT TONE CONTROL STEREO

divaizz.blogspot.com

3.KIT POWER OCL STEREO


divaizz.blogspot.com

4.TRAFO CT

divaizz.blogspot.com

5.BOX

divaizz.blogspot.com



Bila alat-alat di atas sudah ada / tersedia, maka cara-cara dan langkah -langkahnya pertama yang harus di lakukan adalah solder kabel listrik ke bagian AC Trafo 0 - 220V dan hubungkan kabel listrik tersebut ke Power Switch on/off(saklar).

Selanjutnya Hubungkan output trafo bagian DC (18V-0-18V) ke kuprok dan elco, lalu dihubungkan lagi ke PCB Power Ocl Stereo. Rangkaian power amplifier memakai penguat final / transistor final yang berbeda-beda / berfariasi antara lain memakai  ( TIP2988- TIP3088 ) ( MJ2955-2N3055 ) ( SANKEN SA1216-2C2922 ) ( MOSFET C5198-A1941 ) ( MOSFET 2SA1943-2SC5200 ) . Dalam pemasangan tegangan - 0 + tidak boleh sampai terbalik, jika terbalik Power Ocl Stereo bisa rusak / terbakar !!! Hubungkan output Power Ocl Stereo ke warna merah terminal speaker dan 0 = 0V atau GND (ground) dihubungkan ke warna hitam.

Kemudian coba test hasil solderan kamu tadi colokkan kabel listri ke listrik dan on-kan Switch-nya lalu sentuh bagian input Pcb Power Ocl Stereo. Bila ada suara yang keras pada speaker maka rakitan kamu benar dan teruskan ke langkah selanjutnya, jangan lupa Power Ocl Stereo nya di beri pendingin yang besar gunannya agar TR-nya tidak panas lebih baik lagi jika dikasih kipas juga.

Hubungkan input dc Stereo Tuner Fm ke ke elco (-,+) Power Supply (+18V) lebih bagus lagi diberi IC regulator 7812, karna Stereo Tuner Fm cuma membutuhkan tegangan dc 12V. Output dari IC 7812 juga bisa di hubungkan / di pakai untuk Tone Control, rangkaian asesoris lainya.

Beri pendingin juga pada IC 7812 atau bisa juga di tempelkan pada box Power Stereo bila kamu ingin bass dan treble nya lebih tajam / muncul maka kamu bisa menambah perangkat yang lain seperti rangkaian Galaxi, Turbo Bass atau yang lain dari sejenisnya perangkat ini sebaiknya dan lebih bagus jika di pasang sebelum Tone Control.

Jika tahap tersebut sudah selesai hubungkan ouput Tone Control ke input Power Stereo Ocl. Dan input Tone Control dihubungkan ke output Galaxi sedangkan input Galaxi dihubungkan ke output Stereo Tuner Fm. Jika semua tahap demi tahap sudah kamu lewati jangan langsung di coba dulu pastikan semua hasil solderan atau rakitan kamu 100% benar dan tidak ada yang berhubungan singkat (konsleting).

Bila semuanya kamu sudah yakin dan 100% benar kamu bisa mencobanya colokan kembali kabel listriknya ke listrik rumah kamu dan ON kan saklar Power Ocl Stereonya. Putar sedikit volume pada Tone Control lalu putar juga Stereo Tuner Fm cari gelombang dari Stereo Tuner Fm maka lampu indikator Stereo Tuner Fm akan menyala itu menandakan Stereo Tuner Fm sudah bekerja atau berfungsi dan tentunya akan mengeluarkan gelombang-gelombang dari pemancar Fm.

Dan bila sudah ada gelombangnya kamu bisa menambah volume Power Stereo atur treble atau bass sesuka kamu yang terpenting jangan sampai over (berlebihan) itu bisa mengakibatkan speaker cepat rusak.

Demikianlah informasi Cara Merakit Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner dari saya semoga bisa membantu kesulitan kamu tentang bagaimana Cara Merakit Power Amplifier Plus Radio Fm Tuner. kuncinya adalah telaten, ulet, tekun, teliti, dan jangan patah semangat kamu pasti bisa dan semoga bermanfaat.

15 komentar :

  1. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungan serta komentarnya

    BalasHapus
  3. aku punya masalah mas sy udh 2 kali dri 24v tak naik kan ke 30 v hangus r330 driver dn final'y
    Jdi sy takut terulang ke 3 kli'y.
    Pda awal'y sih tahan.
    Tpi gk lama psti hangus.
    Barangkali ada solusi'y untuk naik kan volt ocl mx 300w.klw dri bawaan ampli 24v.mau tak naikin 30v.transistor tip 2988/3088
    trus kta tmn sy bengkel dioda'y suruh ganti yg 1 A x4.
    Tpi sy blm cba.
    Di rakitan sy psu'y travo sanken 10A, elco 10rb m,50v x2 dan dioda pake dioda petak.
    Klw di hitung 24v x 10A BLM GENAP 300W.Mka'y pengen tak naikin volt'y jd 30.
    Ada solusi'y biar g hangus tu ampli.
    Di tgu blsn'y

    BalasHapus
  4. klw blm jls mas kmaren tmn saya bengkel elektronik jg dsni blg'y biar g terbakar R330,driver,final'y klw dinaikkaan 24v ke 30v, disarankan ganti dioda'y yg 1A x4.elko 10rb.bener gk tu mas.
    Untuk ocl mx 300w 24v ct 24v.
    Sya dsni menggunakan travo sanken 10A

    BalasHapus
  5. msi sputar ocl mx 300w dgn tegangan input vol bawaan pabrik'y 24v ct 24v.
    Pertanyaan'y sanggup gk angkat spk 15 in.mksh byk

    BalasHapus
  6. msi sputar ocl mx 300w dgn tegangan input vol bawaan pabrik'y 24v ct 24v.
    Pertanyaan'y sanggup gk angkat spk 15 in.mksh byk

    BalasHapus
  7. key miw...# untuk R330 apabila beban yang di tanggung R tersebut melebihi batas dari pada kemampuan R maka R tersebut akan terbakar atau juga hangus saran saya coba ganti R denga watt yang lebih besar.terimakasih atas kunjunganya

    BalasHapus
  8. Gan kira/kira abis brp:-)

    BalasHapus
  9. Selamat siang mas, saya mau tanya mengenai speaker aktif, saya baru saja mengganti power speaker aktiv saya yang rusak dengan power speaker aktiv yang di jual umum di pasaran yaitu isabel SX2500 setelah semua di pasang, suara yang keluar sember tidak normal, apakah ini di sebabkan oleh power dari travo yang tak cukup? Karena saya tetap pakai travo lama yang tegangan 20V, sedangkan tegangan yang di butuhkan pada rangkaian power yg baru itu 24V, mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya
    Salam
    Johanes

    BalasHapus
    Balasan
    1. mugkin itu asupan tgangan yg bi btuhkan power speaker aktif kurang broo...baiknya di gnti jg trafonya atau bsa jg powernya di modif sndri agar suara yng di hsilkan bsa sesuai yg di hrapkan...trimksih

      Hapus
  10. Mas saya mau nanya, pada kaki ic regulator penurun tegangan, kaki graoundnya disambung kemana ya ..? pada ct kah atau 0 travo apa pd body casing ampli...mohon dibantu


    trimakasi
    bangsadap

    BalasHapus
  11. lebih baik lagi di smbubngkan ke semuanya broo,,,ke ct trafo n juga ke body casing / box amp,,,ok thank's

    BalasHapus
  12. asalam mualaikum wr.wb
    mau tanya tentang audio ni. saya mau buat amlifiwer kecil-kecilan untuk 2 buah speker acr 15". bahan yang sudah ada, trafo 20A era, transistor sanken dua pasang. yang mau saya tanyakan kit power ap yg cocok? elco harus yang berapa uf dan berapa biji? apa aja yang masih kurang agar bisa mengluarkan bas yang menghentak di dada?

    BalasHapus
  13. asalam mualaikum wr.wb
    mau tanya tentang audio ni. saya mau buat amlifiwer kecil-kecilan untuk 2 buah speker acr 15". bahan yang sudah ada, trafo 20A era, transistor sanken dua pasang. yang mau saya tanyakan kit power ap yg cocok? elco harus yang berapa uf dan berapa biji? apa aja yang masih kurang agar bisa mengluarkan bas yang menghentak di dada?

    BalasHapus
  14. menarik sekali tips dan informasinya semoga bermanfaat.

    saya juga punya info tentang TOA di blog saya

    BalasHapus