» Elektronik » Memperbaiki Televisi Kurang Focus

Memperbaiki Televisi Kurang Focus

Home , at 14.12 , has 0 komentar
DIVAIZZ - Memperbaiki Televisi Kurang Focus. Kali saya dapat pasien televisi Panasonic "14" dengan keluhan dan kerusakan saat di hidupkan atau di nyalakan gambar kabur, ngeblur, alias tidak focus. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi saat tv tersebut di nyalakan gambarnya pun tidak jelas untuk beberapa menit kemudian lama-lama gambar semakin jelas / focus tapi ada juga yang sampai beberapa jam baru bisa focus alias focusnya lemot.



Begitu televisi tiba di meja kerja saya, langsung saja saya buka tutup belakangnya setelah itu pcb televisi tersebut saya bersihkan debunya pakai kuas. Setelah selesai saya bersihkan sayapun langsung menuju pengecekan / pemeriksaan pada socket crt rgb. Tanpa pikir panjang lagi socket crt tersebut langsung saya lepas dari tabung crt dan ternyata socket crt tersebut sudah berjamur dan berkarat di bagian conectornya.



divaizz.blogspot.com



Kemudian saya lepas socket crt terus saya ganti dengan yang baru. Selesai  ganti yang baru saya juga menyolder ulang bagian atau rangakaian pcb rgb seperti tampak gambar di bawah. Solder ulang ini bertujuan agar apa yang kita kejakan dalam meperbaiki televisi kita dapat hasil yang  maksimal dan juga yang terbaik.



Setelah pergantian socket crt selesai saya  kerjakan lalu saya pasng lagi pada bagian tabung crt dan televisi saya coba nyalakan lagi, begitu indikator led menyala gambar  televisi tesebut juga langsung ngejreng kembali. Untuk sobat yang bingung socket crt itu seperti apa sobat bisa lihat gmbar di bawah ini :





Demikianlah pengalaman saya tentang cara memperbaiki atau mengatasi kerusakan televisi / tv kurang focus dan semoga bermanfaat.
Rekomendasi Artikel
Artikel Terkait
Kami sangat menghargai saran, kritik, mau pun pendapat Anda demi untuk membangun serta memberi informasi dan juga sebagai referensi bagi sobat DIVAIZER semua dan Sebagai wujud apresiasi Anda sudi lah kira nya berkomentar pada kolom yang telah tersedia dengan etika dan itikad yang baik, bijaksana dan tanpa unsur sara. Terima kasih dan salam DIVAIZER.
Tulis Komentar Anda