Cara Memperbaiki Speaker Aktif Yang Rusak Mati Total

Home , at 12:40 AM , has 2 komentar

Advertisement
DIVAIZZ - Cara memperbaiki Speaker Aktif Mati Total. Saat ini saya lagi memperbaiki sebuah speaker aktif dengan kerusakan mati total atau matot sebenarnya pasien ini datangnya kemarin tapi karena ada pasien yang lain yang harus saya selesaikan lebih dahulu jadi baru bisa saya perbaiki sekarang.



Setelah pasien yang kemarin-kemarin selesai saya perbaiki langsung saya menangani speaker aktif ini dengan kasus mati total, begitu speaker aktif di hadapan saya langsung saya buka tutup bagian belakangnya setelah selesai saya buka lalu saya periksa dengan seksama kabel-kabel yang menghubungkan antara rangkaian speaker aktif tersebut, mulai dari kabel listrik, kabel tegangan dari travo ke pcb rangkaian, sampai kabel ke speaker dan juga kabel input audio.





Dari hasil pengecekan saya semuanya nampak normal dan juga masih dalam keadaan bagus, lalu saya lepas baut potensio volume, treble, bass, subwofer kemudian pcb rangkaian speaker aktif tersebut saya keluarkan dari box speaker untuk pengecekan lebih lanjut dan lebih detail. Begitu semua sudah selesai saya lepas kabel-kabel nya pun juga saya lepas agar bisa lebih mudah dalam pengecekan selanjutnya.



Kemudian saya cek pada bagian power supply ( travo, elco, dioda ) keadaan nya masih normal, langkah selanjutnya saya putus hubungan tegangan / vcc ( - 0 + ) dan mengecek tegangan vcc tersebut dengan cara stik Avo Meter yang merah saya tempel kan pada kaki elco bagian ( + ) dan yang hitam pada bagian ground ( 0 ) dengan  Avo Meter pada skala 50 vdc, lalu kabel listrik saya colok kan pada stop kontak listrik tegangan tersebut keluar 25v itu berarti keadaannya masih normal dan baik-baik saja setelah itu stik Avo Meter yang merah saya pindah ke ground ( 0 ) dan yang hitam ke kaki elco bagian ( - ) keluar tegangan 25v. Kesimpulan untuk tegangan vcc power supply keadaannya masih bagus.


Lalu saya fokus kan pengecekan pada  pcb rangkaian speaker aktif saya cek mulai dari resistor satu persatu keadaannya pun masih bagus untuk elco di rangkaian juga bagus kemudian saya cek lagi untuk transistor-transistor nya disini saya dapati satu trasistor mengalami kerusakan yaitu transistor mosfet seri 2955 tanpa pikir panjang lagi langsung saya ganti transistor tersebut vcc serta  kabel-kabel saya pasang atau hubungkan lagi terus saya coba nyala kan speaker aktif tersebut begitu kabel listrik saya colok kan kembali ke listrik speaker aktif tersebut belum bunyi juga alias masih mati total / matot.



Pantang menyerah dan terus berusaha saya cek lagi kali ini saya cek resistor kapur ( R kapur ) yang ada di pcb rangkaian ternyata dari hasil pengecekan saya resistor / R kapur tersebut putus ( rusak ) mengetahui hal tersebut saya langsung ganti R kapur yang baru kemudian setelah selesai ganti, saya coba lagi colok kan kabel listriknya dan saya pegang bagian input audionya, speaker aktif pun berbunyi. Lalu input speaker aktif tersebut saya hubungkan ke vcd / dvd al hasil speaker tersebut berbunyi normal kembali.



Kesimpulan kerusakan speaker aktif di atas terletak pada bagian transistor mosfet 2955 dan juga pada resistor kapur ( R kapur ). Nah begitulah pengalaman saya kali ini tentang memperbaiki kerusakan speaker aktif mati total / matot semoga bermanfaat.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
Terimakasih ya gan. Penjelasannya detail dn mudah dimengerti. Oh iya, apakah mayoritas kerusakan seperti diatas dikarenakan mosfet 2955 atau R-kapur nya rusak ya
Reply Delete
Kalau speaker aktif di colok, sekering(fuse) nya langsung putus dan meteran listrik di rumah juga langsung balik
Problem nya dimana bang?
Mohon pencerahan nya
Reply Delete
Copyright ©2015 DIVAIZZ