Cara Menggabung Trafo / Catu Daya

by ikhsan ardianto , at 22.26 , has 52 komentar

DIVAIZZ - Cara Menggabung Trafo / Catu Daya. Transformer atau di sebut trafo pada power amplifier mempnyai fungsi menurunkan tegangan dan juga sebagai pengubah tegangan dari AC ke tegangan DC. Apabila kita merakit power amplifier dengan watt besar maka semakin besar pula arus tegangan dan ampere yang di butuhkan power amplifier tersebut.


Misalkan kita merakit power amplifier 300watt maka minimal trafo yang di perlukan power tersebut 5A ( ampere ) agar kinerja dari power amplifier bisa maksimal. Akan tetapi kini harga komponen elektronik semakin mahal tak luput juga harga trafo juga ikut naik, ini membuat kita merogoh kocek yang cukup besar apabila ingin merakit power amplifier.


www.divaizz.blogspot.com


Kalau kita merakit power amplifier watt besar mampu menggunakan trafo dengan ampere yang besar itu syukur dan bagus namun apabila kita tidak mampu membeli trafo dengan ampere besar misal saja trafo 20A terus bagaimana dong,,,??? Jangan khawatir ada alternatif lain untuk menambah besar ampere dan tegangan ( volt ) trafo yaitu dengan menggabungkan dua buah trafo menjadi satu, menggabung trafo ini disebut juga bridge trafo. Adapun skema dan cara menggabung trafo lihat gambar di bawah ini :



Menggabung trafo CT 3 fasa untuk menambah ampere.

 

Menggabung trafo CT 3 fasa untuk menambah volt.

 

Menggabung trafo CT 2 fasa untuk menambah ampere.

 

Menggabung trafo non CT 3 fasa untuk menambah ampere.

 

Menggabung trafo non CT 2 fasa untuk menambah ampere.

Demikian Cara Menggabung Trafo / Catu Daya. Semoga bermanfaat serta bisa jadi referensi untuk sobat semua.

Copyright ©2012-2015 DIVAIZZ