Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt

by ikhsan ardianto , at 01.59 , has 74 komentar

DIVAIZZ - Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi atau akan membahas serta mengulas tentang rangkaian inverter, inverter bisa juga di sebut sebagai penaik tegangan salah satunya penaik tegangan dari DC volt menjadi tegangan AC volt.

Dan yang akan saya bahas ini adalah skema rangkaian merubah tegangan DC 12 volt ke tegangan AC 230 volt, tegangan DC 12 volt ini bisa berasal dari accu / aki atau juga bisa dari baterai, skema serta bahan inverter ini cukuplah sederhana namun inverter ini memiliki kegunaan yang cukup penting.


divaizz.blogspot.com

Andaikan saja di rumah kita lagi terjadi pemadaman listrik oleh PLN maka inverter ini bisa kita jadikan alternatif cadangan pengganti listrik PLN, cara membuatnya pun tidaklah sulit dan dengan biaya yang terjangkau. Apabila anda ingin merakit / membuat inverter ini berikut daftar komponen yang harus di persiapkan :
  • 1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere
  • 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
  • 2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt

 Berikut skema inverter 12 VDC ke 230 VAC :



HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Dari skema di atas output / keluarnya tegangan AC adalah 230 volt 300 watt apabila ingin meningkatkan volt dan watt nya maka tambah transistor serta gunakan trafo yang ampernya besar.

Mungkin kita susah mendapatkan resistor dengan ukuran 690 Ohm di pasaran / di toko elektronik maka kita bisa menggantinya dengan ukuran 2k2 Ohm / 2200 Ohm 3 buah dan disambung secara paralel, untuk 2 buah resistor 690 Ohm maka resistor 2k2 Ohm yang di perlukan 6 buah, cara paralel resistor lihat gambar di bawah :
http://divaizz.blogspot.com


Hati-hati dalam mengerjakan atau dalam mencoba rangkaian di atas di karenakan output nya adalah tegangan tinggi jangan sampai kita menyentuh bagian output / keluar tegangan tersebut. Demikian Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt semoga bermanfaat.

share this article to Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
74 komentar Add a comment
maaf lagi belajar boss? yang colektor,emitor dan basisnya yang mana aja ya untuk tr 2n3055
Reply Delete
oh ya lupa blum ngsih ktrangan transistornya,ok sob untuk kaki B ( Basis )itu yng menuju Resistor,sedangkan E ( Emitor ) yng mnju tgangn - 12v,sedangkn dn C ( Colektor )mnju ke trafo..
Trmaksih udah mmpir sob & jg ats msukannya
gan kalo 2n3055 kaki nya cuma 2 jadi yang B,C dan E nya yang mana??
Delete
safi# untuk 2n3055 yg model FET / biasa di sebut jengkol itu C terletak pd badanya, sementara untuk menentukan B & E,lihat dan hadapkan transistor tersebut dengan posisi tegak berdiri di depan kita dengan no seri / tulisan di belakang serta kakinya berada di kiri dan kanan ,kalau kita cermati serta di ukur dengan penggaris maka jarak letak ke dua kaki transistor terebut tidaklah tepat di tengah melainkan agak ke atas sedikit.dari situ kita bisa mengetahui letak B & E yaitu B kaki kiri & E kaki kanan.begitu sekirannya terimakasih telah berkunjung
Delete
ak sudah nyoba merakit skema di atas dan selesai, tpi kok gak mau nyala? bisa nyala tpi harus di (sentuh lepas2) dan hidup ny pun ngedip. masalah ny ap ea...... ap masih ad alat laen......?
Delete
Reply Delete
Trimakasih atas infonya, ini sangat berguna bagi kami yg tinggal di daerah kalimantan khususnya di perusahaan kelapa sawit yg listriknya cuma sore , pagi . Siang ga nyala , jadi ini sangat bermanfaat
trmaksih jg ats kunjungnnya,lain wktu brknjung lgi ya n bca jg artikel menarik yg lain..
Delete
Reply Delete
mas saya maw belajar juga nih...
maw tanya sebenarnya transistor itu fungsinya untuk apa dalam rangkaian inverter ini ? apakah untuk mengubah sinyal DC atau kah untuk hal lain ?
dan mengapa yang dipakai transistornya transistor 2N3055 ?
maaf ya mas tanya melulu... hhehe
saya Tedy
no : 08990421547
Reply Delete
" Nambahin dikit : Fungsi transistor dalam rangkaian itu sebagai switching dan kenapa pakai 2N3055 untuk mendapatkan amper serta daya yang besar kurang lebih begitu..."
" Untuk Resistor bisa digunakan 470 ohm / 2 Watt & 220 ohm / 2 Watt dirangkai seri untuk mendapatkan tahanan sebesar 690 Ohm / 2 Watt "
yapz....betul kta ms yudy.trims
Delete
Reply Delete
wah yg ini kayaknya mantep nih,,,tp utk transistornya pake MJ3055 bisa gha gan,,terus utk yg d atas utk nomer serinya dua2nya harus sama 2N3055 semua apa satunya lg pake yg 2N2955,,,
evan#..dua-dunya pkai transistor sama yaitu 2n3055 bukan MJ3055 / 2N2955 itu mah kebalik atu kang....hehehe... atur nuhun
Delete
Reply Delete
kamsiah bos,,,tas infone,,,sangat bermanffat buat saya,,,karna saya sudah berhasil merangkai nya,,dan juga saya gunakan hasil nya ok,ok,,jadi g perlu takut akn mati lampu lagi,,,
sma" ms bro smga sukses..lain wktu mampir lagi yaa,,,,
Delete
Reply Delete
1 buah trafo CT 1 Ampere-
2 Ampere 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
3 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt

disitu kan dibutuhkan 3 resistor,tapi saya liat diskema cuma ada 2 resistor yg dipasang,trs yg 1 nya dipasang dimna gan
muhammad..# waiyaahhh...sory kang saya slah tulis...hahahaa..udah tak betulin n trimakasih atas sarannya kang...
Delete
makasih gan dah dijawab pertanyaan ane,
ane mo nanya lg nih klo buat komputer bisa nggak gan,trs trafo pake 5ampere komponennya di tambah nggak?
Ditunggu jawabanya gan
Delete
Reply Delete
muhammad haffidz : Ente minat mo bikin
rangkaian inverter biar klo bayar pajak motor
murah ya...heheheheh....:D

ikhsan : Kira kira trafo adaptor penurun
tegangan 3 . 4,5 .s/d 15 v bisa di guñakan
tdak...???
achew...# bisa saja di coba aj dulu ...hehe...
Delete
Reply Delete
maaf gan kalo trafo adaptor yg ane bilang ane bilang ini link'y

http://m.facebook.com/photo.php?fbid=531219493606537&id=100001554734290&set=a.321058154622673.74546.100001554734290&refid=8&_ft_=qid.5882986378485016029%3Amf_story_key.-9107322294861487781
Reply Delete
1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere
2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt
nah dari keerangan sodara n gambar skema,a saya ada pertanyaan..??
1. digambar skema tidak ada resistor 360 ohm/pengganti,a 2k2 ohm itu letak,a dimana??
2. digambar skema,a 690 ohm itu ada 1, klo 2 690 ohm disusun apa?(pararel/seri)
Reply Delete
itu skemanya sama ms bro jd saya hnya beri keterangan resistor sebelah saja n bsa di simpulkan rsistor 690 ohm yg stunya ada di sblah kiri dekat tgngan -12 vdc.klo msh kurng fham gk sah rgu tnya aj ms bro,,,,trims
Reply Delete
gan kalo mo buat keluaran 500w perlu berapa jengkol n nyusunnya gimana,seri ato paralel n perlu berapa resistor...
maaf gan agak bnyak pertanyaan,baru mo belajar jg...
o ya gan kalo 2n3055 ud pasti npn ato harus di cek ge...
mohon penjelasanny gan...
2n3055 itu sudah pasti NPN gk perlu lgi di cek
Delete
Reply Delete
Gan Outputnya Brapa Watt ?
Heri...# Untuk skema di atas output nya berkisar antra 300 watt sja klau ingin menmbah watt jg ampere maka transistornya hrus di tmbah n di rngkai paralel....terimakasih
Delete
Reply Delete
gan. itu biaya komponen2 ny berkisar brapa gan ?
gak nyampek 50 rb ms broo...hehee..triimzz
Delete
Reply Delete
hehe
oia minta no hp ny la gan ,?
alny maw belajar bwt inverter gan ..
bnyak jgak maw kutanyak gan..
hehe..
makasih sblum ny gan ,,

no hp saya di home blog ini kan ada kawan...di sini saya tawarkan semua kemudahan mau pesan driver power jg bsa tuh,,,heheee,,,
Delete
Reply Delete
gan.. blz k no ini la gan ..
085658586226
makasih gan sblum ny ...
mohon blsan nya ,,
Reply Delete
gan,, yang output keluaran nya 0-220 bsa gak ??
230 gag ada gan ,,
ya itu benar bro 230 nya gk ada tapi yang di maksud 230 di atas adalah output tegangannya..begitu kiranya kawan trimz yaa...
Delete
Reply Delete
klo dipake untuk 220v masalah apa nggak?
tidak masalah coba aja kawan....
Delete
Reply Delete
klo pake aki motor bisa kan? maaf nanya trus ihsan....he..he
bisa aja slamat mncoba...
Delete
Reply Delete
kalau ingin tau no hp nya mas divaizz,cari n add aj fbook nya. facebook.com/divaizz
Reply Delete
bagaimana dengan frekwensinya mas bro?
Reply Delete
aturnuhun aGan Ikhsan Ardianto atas infona sangat bermanfaat
sama2 kang donny..thank's uadh mmpir
Delete
Reply Delete
kalau pake 4 transistor paralel nya + resistor apa ga mas?
ya klau pkai 4 Transistor R jga 4 sma jmlah transistor yang di paralel...
Delete
Reply Delete
bentukgelombangnya gimana tu gan ?
Reply Delete
kalau pake transistor TIP3055 bisa ga sob??? soalnya saya ga punya yg bentuknya jengkol...
kemungkinan bisa sob aq sndiri blum, nyba pkai TIP 3055
Delete
Reply Delete
mas inverter itu kan menghasilkan gelombang kotak dan frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad?
Reply Delete
om inverter itu kan menghasilkan gelombang kotak dan frekuensinya kecil, maka utk memperbesar frekuensinya di gunakan kapasitor, dan kapasitornya itu harus 5 mikrofarad atau 5 milifarad? (5uf/5mf?)
Reply Delete
mas bro terima kasih atas ilmunya, tapi saya lihat rangkaiannya sederhana sekali, kebetulan saya lagi nyari2 rangkaian inverter sy lihat rangkaian inverter lain sangat rumit dan banyak komponennya termasuk IC kira2 apa kekurangan dan kelebihannya thanks mas bro
Reply Delete
Itu supplynya (aki) dipake brapa amper gan ?
Reply Delete
Broo
Ane dah coba buat tapi kok Idupnya cuma pas di masukin ke aki
ane sambungin Travonya yg ac ke 0 dan 220 v apa salah ya brooh ?
Reply Delete
Mas brow knapa sya bwat invertr kya di atas kalo kosong tegangan nya nyampek 250v tapi kalo buat ngidupin lampu satu 15w ko gk idup ya knapa ? Apa ada yg slh?
Reply Delete
Mau tanya boz trafonya pake trafo biasa atau step up soalnya cari yang step up ga ada. Trims
Reply Delete
Gan saya punya dvd bmc type bm 081p mati stanby kira kira komponen yang mana perlu d ganti? Tolong informasinya aq tunggu terima kasih.
Reply Delete
nimbrung aaah..mantap nih rangkaian,sy sudah coba gan dg memakai travo 1 Ampere,jengkol 2,resistor 2k2 diparalel @3 buah-3 buah,menggunakan aki motor 12v/5A,Untuk menghidupkan neon jari 15watt nayala terang,bohlam 5watt redup,NAMUN sayang gan...buat nyalain notebook / ngeecas notebook NGGA KUAT,mhn solusi,apa travo 1Ampere perlu diganti yg 2 Ampere atau gmn gan...mhn bls di email sudinakhmad@gmail.com ya...trims...maju terus gan...
Reply Delete
saya pernah nyoba pakai pendingin satu,dua transistor kok gak nyala ya mas?
Reply Delete
Masukan dari aku...
Aku pernah coba..untuk resistor aku pakai 680 ohm... Bisa jg...mungkin agan agan susah tuk mendapatkan r yg ada gambar di atas...
Semoga membantu....
Matur suwun....
Reply Delete
saya sudah coba rangkaian ini berhasil gan, kendala cuma resistor di pasaran cuma tersedia 680ohm,jadi supaya pas hitungan 690ohm saya tambahin resistor 10ohm (resistor 10ohm nya bisa kanibal dari lampu TL bekas kl males balik ke toko lagi, resistor warna coklat-hitam-hitam-emas) di pasang secara seri (680ohm+10ohm=690ohm), kl untuk pendingin transistornya nya saya pake bekas pendingin processor komputer tinggal di bor beberapa lubang,kl mau lebih ngirit lagi bisa pake kaleng minuman bersoda yg berbahan alumunium.thanks ilmunya agan2 smua smoga bermanfaat utk semua
Reply Delete
Gan ane butuh rangkaian inverter sederhana untuk menaikan tegangan dari 12 V DC menjadi -+32 V DC (CT) bisa nggak ya, mohon dijawab. Tks.
Reply Delete
Terima kasih gan atas info skema inverternya, sangat bermanfaat bisa menghemat biaya sebab komponennya sangat sederhana dan mudah didapat di toko elektronik. smg blog ini sukses selalu.
Reply Delete
mas sebelumnya itu udh di coba belum rangkaiannya
kalo udh saya akan mencobanya
tolong di jawab
Reply Delete
Skema di atas sudah saya praktekan dan sudah lulus uji coba silahkan saja di coba
Reply Delete
Mas output ny tidak ada massa,alias api semua..itu gimana mas???
Reply Delete
Mas output ny tidak ada massa,alias api semua..itu gimana mas???
Reply Delete
Andi# Kok bisa gitu...maksutnya api gimana..?? coba cek keseluruhan mungkin bisa jadi ada kesalahan dalam pembuatan.
Reply Delete
mas cara perhitungan untuk membesarkan outputnya gimana agar rangkaian nya bisa sesuai dengan trafonya nanti?
Reply Delete
Masbro aku dah coba tpi knpa outputnya 160 bknnya 230. Mohon pencerahannya masbro. Aku pke r 680
Reply Delete
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delete
gan mw tnya nhey,,, trafo na yang berapa volt
Reply Delete
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delete
gan gimana ko pake lampu TL ga nyala
Reply Delete

Terima kasih atas kunjungan anda. Pembaca yang bijaksana senatiasa meluangkan waktu untuk meninggalkan komentar, baik itu kritik, saran, ataupun opini. Dan berkomentar dengan sopan, baik serta menjaga etika.

Cancel Reply
Copyright ©2012-2015 DIVAIZZ