Cara Merubah Flashdisk Menjadi RAM Tambahan

Home , at 1:17 AM , has 2 komentar

Advertisement
DIVAIZZ - Flashdisk merupakan sebuah perangkat eksternal dari suatu komputer atau laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file yang bersifat non volatile ( data tidak hilang walaupun tidak teraliri daya listrik.

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat internal yang ada dalam suatu komputer atau laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara saat komputer dalam keadaan hidup dan apabila komputer atau laptop di matikan maka semua data atau file akan hilang.


Dan saat kita menyalakan komputer atau laptop komponen yang pertama kali bekerja adalah prosessor lalu prosessor memberi sinyal perintah atau mengambil data dari hardisk. Saat hardisk bekerja extra dan terus menerus tidak mampu memenuhi kecepatan data perintah yang di minta oleh prosessor maka harus ada pihak ketiga yang membantu kinerja dari hardisk tersebut.



Dalam hal pihak ketiga tersebut maka di situlah peran penting RAM untuk menampung data-data dari hardisk yang kemudian di supply ke prosessor dalam perangkat komputer. Dari sini dapat kita ambil acuan atau kesimpulan semakin besar kapasitas penampungan RAM maka sangatlah mempengaruhi dari kinerja sebuah komputer  atau laptop.


Semakin besar kapasitas yang di miliki RAM maka semakin cepat pula kinerja dari komputer atau laptop sehingga proses transfer data yang di butuhkan prosessor pun semakin cepat dan juga akan meringankan kinerja dari hardisk.


Terus bagaimana kalau kita memiliki komputer yang mempunyai kapasitas yang kecil atau sedikit?tentu dapat kita rasakan bagaimana proses atau kinerja komputer atau laptop tersebut dan pastinya terasa lambat se akan begitu berat kinerja nya, tapi jangan khawatir ada solusinya di sini admin akan berbagi informasi serta tips bagaimana cara mudah merubah atau menjadikan Flashdisk sebagai RAM tambahan.


Sementara Flashdisk yang ingin kita jadikan sebagai RAM haruslah memenuhi syarat yang antara lain sebagai berikut :

  • Minimal kapasitas atau ukuran Flashdisk adalah 2 GB.

  • Flashdisk harus dalam format NTFS / FAT16 / FAT32.

  • Kapasitas yang dapat di gunakan sebagai RAM adalah 4 GB.

Dan untuk langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Colok kan atau tancap kan Flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Buka Windows Explorer / my computer kemudian klik kanan pada lokasi tempat Flashdisk setelah itu klik properties.



  • Pilih readyboost lalu centang use this device.


  • Terakhir tekan OK maka Flashdisk sudah jadi RAM tambahan.

Begitu mudah kan? dan demikianlah cara merubah Flashdisk menjadi RAM tambahan Komputer, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
Info yg bagus agan....sangat membantu...semoga agan gsk bosan brrbagi ilmu yg lainnya...terima kasih agan info yg berguna nih....
Reply Delete
OK trimaksih kunjunganya
Reply Delete
Copyright ©2015 DIVAIZZ