Fungsi - Resistor

Home , at 11:52 PM , has 0 komentar

Advertisement
DIVAIZZ - Fungsi resistor. Secara umum fungsi resistor adalah sebagai penghambat atau pun penahan arus listrik sebelum arus listrik tersebut disalurkan ke berbagai komponen lainnya yang ada suatu rangkaian elektronik, namun lebih daripada itu fungsi resistor juga dapat mengendalikan arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian elektronik tersebut.



Dari berbagai fungsi resistor diatas terdapat juga fungsi-fungsi lainnya dari resistor yang diantaranya meliputi sebagai pembatas dan pembagi arus listrik yang mana resistor dapat membatasi serta membagi arus yang keluar dari resistor tersebut. Resistor juga berperan sebagai penurun dan pembagi tegangan dengan artian resistor dapat menurunkan tegangan yang dibutuhkan oleh komponen lain yang ada pada rangkaian elektronik tersebut.


Fungsi-fungsi resistor www.divaizz.com



Fungsi-fungsi dasar resistor.

  • Resistor sebagai penghambat arus listrik.
  • Resistor sebagai pembatas arus listrik.
  • Resistor sebagai pembagi tegangan.
  • Resistor sebagai penurun tegangan.


Maka dari itu tak hayal jika resistor ini paling sering dijumpai karena jika dilihat dari segi fungsi dan kegunaannya pun cukuplah penting pada suatu rangkaian elektronika. Dan dari fungsi resistor diatas merupakan penghambat atau penahan yang bersifat tetap dengan kata lain nilai yang terdapat pada resistor tersebut tidak dapat diubah serta telah ditentukan berdasarkan gelang warna yang ada pada badan resistor tersebut.

Demikian pembahasan tentang fungsi resistor pada suatu rangkaian elektronika, semoga bisa menambah wawasan kita semua dan juga bisa bermanfaat.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
Copyright ©2015 DIVAIZZ