Cara Membuat Power Amplifier BTL Dengan Mudah

Home , at 1:02 PM , has 4 komentar

Advertisement
DIVAIZZ - Cara Membuat Power Amplifier BTL Dengan Mudah. Power Amplifier BTL merupakan dua buah rangkaian Power Amplifier atau Power Amplifier stereo yang di gabungkan jadi satu, baik itu Power Amplifier sistem OTL maupun Power Amplifier sistem OCL. Seperti yang telah di ketahui pada umumnya Power Amplifier btl memang memiliki kelebihan tersendiri yang di antaranya suara jadi lebih mantap dan nendang jika di bandingkan dengan Power Amplifier yang tunggal atau single ended.


Sistem Power Amplifier BTL bisa juga di terapkan pada berbagai rangkaian, baik itu Power Amplifier yang memakai penguat final IC atau bisa juga di terapkan pada Power Amplifier yang memakai penguat final Jengkolan, Mosfet, atau Sanken. Dalam merakit Power Amplifier BTL biasanya di perlukan atau juga di butuhkan sebuah rangkaian pembalik fasa / pembalik fase yang nantinya berfungsi sebagai pembalik sinyal input audio pada rangkaian Power Amplifier BTL.


Namun di sini saya akan membahas cara membuat atau merakit Power Amplifier BTL dengan mudah dan sederhana tanpa menggunakan rangkaian pembalik fasa/fase hanya memakai satu buah Resistor yang nantinya di gunakan sebagai alternatif pengganti rangkaian pembalik fasa/fase, dan tentunya dengan begitu kita akan semakin mudah dalam membuat atau merakit Power Amplifier BTL.


Untuk menerapkan cara membuat atau merakit Power Amplifier BTL dengan satu Resistor maka silahkan pahami serta cermati skema di bawah ini agar nantinya kita tidak mengalami kesalahan pada saat kita hendak melakukan praktek.



Skema Power Amplifier BTL IC.



Skema Power Amp BTL IC - www.divaizz.com





Nah pada skema di atas terdapat satu buah Resistor 33K - 47K sebagai alternatif R BTL pada Power Amplifier dengan penguat final IC, dan bisa di terapkan untuk Power Amplifier dengan penguat final IC TDA2050, IC TDA7294, IC TDA7377, IC TDA2030,IC TDA2003, IC TDA2005, dan lainnya.



Sementara untuk menerapkan pada Power Amplifier 150 Watt BTL, Power Amplifier 300 Watt BTL, Power Amplifier 400 Watt BTL, Power Amplifier 600 Watt, Power Amplifier 700 Watt BTL, Power Amplifier 750 Watt BTL, Power Amplifier 1000 Watt BTL, Power Amplifier 1200 Watt BTL, dan lainnya tentu letak R 33K tersebut berbeda-beda sebagai contoh saja download gambarnya di bawah:




Demikianlah pembahasan saya kali ini tentang cara membuat Power Amplifier BTL dengan mudah, mungkin pada kesempatan berikutnya saya akan membahas tentang Power Amplifier BTL yang lain, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan kita serta bisa bermanfaat.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
Tolong tunjukin penempatan R btl nya gan, buat di ocl 400 watt, krena ada dua R 47K yg dJalur output SP
Reply Delete
Mas, apa cara BTL seperti ini berlaku juga untuk power 150W modif yang ada diblog ini? Cara pemasangan finalnya gimana? Trus, PSUnya juga gimana? Makasih...
Reply Delete
PredoX Makasaehe - Tentu saja bisa diterapkan pada power 150 Watt yang telah di modifikasi, pemasangan transistor final sama saja seperti pemasangan pada umumnya.
Reply Delete
Bisa minta skemanya mas? Pemasangan PSUnya gimana? Saya lagi BTL Power 150 kayak dipostingan Mas. Takut Salah.
Reply Delete
Copyright ©2015 DIVAIZZ