Cara Menggabung Sanken, Jengkol, dan Mosfet Power Amplifier

Home , at 3:03 AM , has 7 komentar

Advertisement
DIVAIZZ - Cara menggabung Sanken, Jengkol, dan Mosfet pada power amplifier. Pada kesempatan sebelumnya admin telah membahas panduan cara merakit power amplifier dengan mudah bagi pemula. Nah, untuk kesepatan kali ini akan membahas masih dalam seputar elektronika dan tepat nya tentang cara menggabung Jengkol, cara menggabung Sanken, atau cara menggabung Mosfet mungkin juga bisa di bilang atau di jabarkan lagi yaitu cara memparalel Sanken, cara memparalel Jengkol, cara memparalel Mosfet, cara menambah Sanken, cara menambah Jengkol, cara menambah Mosfet, cara menggabung transistor final, cara menambah transisstor final.



Bagi yang sudah master atau ahli dalam bidang elektronika menggabung transitor final ini saya yakin cukup lah mudah karena memang sudah mengerti cara menyambung dan  cara menggabung nya, tentu juga sudah paham tujuan serta keuntungan baik fungsi dan sistem kerja nya. namun bagi pemula yang berkecimpung dalam bidang elektronika mungkin semua akan menjadi suatu masalah entah itu bingung atau belum tau cara menggabung atau menambah transistor final pada power amplifier.


Lalu apa keuntungan atau tujuan menambah transistor final power amplifier ?'

Menggabung atau menambah transistor final power amplifier dan menyambung nya secara paralel bertujuan untuk menguatkan kapasitas arus listrik transistor dengan menggabung nya secara paralel maka besar nya kemapuan mengalirkan arus listrik transistor akan menjadi lebih kuat 2 kali lipat, dengan demikian maka beban arus listrik pada transistor akan di bebankan secara bersama dan keseluruhan pada transitor.



Lantas bagaimana cara menyambung atau menggabung Sanken, Jengkol, Mosfet pada power amplifier ?'


Untuk menyambung atau menggabung transistor final maka alangkah baik nya ketahui terlebih dahulu nama kaki transistor atau bisa baca cara mengetahui nama kaki transistor. Maka cara menggabung Sanken yaitu dengan menyambung atau menghubungkan antara kaki-kaki transistor baik Basis dengan Basis, Collector dengan Collector, dan Emitor dengan Emitor. Sementara pada kaki Basis masing-masing di beri Resistor 100 Ohm, dan juga kaki Emitor masing-masing di beri R kapur 0,5 Ohm/5 Watt, lihat gambar di bawah.


Contoh 1.

Menggabung Sanken - www.divaizz.com

Contoh 2.

Menggabung mosfet - www.divaizz.com


Pada gambar di atas merupakan contoh penggabungan Sanken jenis NPN dan untuk penggabungan Sanken jenis PNP juga sama sementara pada SP di hubungkan ke output driver power amplifier dan ke speaker. Demikian pembahasan tentang cara menggabung Sanken, Jengkol, dan Mosfet pada power amplifier semoga bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
Mf mau tanya,sy punya modul power mosfet 400watt mono,dengan 2pcs sanken,dengan lubang R kapur buat 4bj kl sy mau menambah 2pcs lg sanken gmn cara memasang R kapurnya soalnya gk ada tempat di modul pcbnya.mksh sblmnya.
Reply Delete
Mf mau tanya sy punya modul power morales 400watt di pasang 2pcs sansken dan R kapur 4buah,kl sy mau menambahkan 2pcs lg sanken gmn cara memasang R kapurnya soalnya yg tersedia di pcb modulnya cm tersedia buat 4buah,mksh sebemnya
Reply Delete
Maaf gan mau tanya kalo sikring pada power blazer mono500 watt kebakar / putus" terus dn R10 input a kebakar kira kira yg mati apa nya yha
Reply Delete
R input kebakar dan sikiring putus pada blazer mono500 wat BGR kira kira yg prlu di perbaiki bagian apa nya saja master
Reply Delete
Salim K, Bontang Kaltim, sedikit saran untuk Bang Arey sekring putus dan R 10 angus berarti Td final dijalur R 10 ada yang Rusak
Reply Delete
kang klw nambah 1set lg pwer mono, r kapur yg di power copot ya
Reply Delete
Trims sangat bermanfaat gan..mau tny jg klo modif drive PA 500 watt sanken blm ada ya??please reply
Reply Delete
Copyright ©2015 DIVAIZZ