Cara Modifikasi Solder Agar Lebih Panas

Home , at 12:30 AM , has 1 comment

Advertisement
DIVAIZZ - Cara modifikasi solder atau membuat solder lebih panas. Terkadang saat kita sedang memperbaiki sebuah perangkat elektronik kita dihadapkan pada suatu masalah yang mana masalah tersebut bukan dari perangkat elektronik yang hendak kita perbaiki melainkan dari alat yang akan kita gunakan untuk perbaikan itu sendiri semisal saja alat tersebut adalah solder. Pernah mengalami masalah yang mana solder yang akan kita gunakan tidak panas atau bisa dibilang kurang panas sehingga solder akan sulit meleleh kan timah sehingga perasaan marah, sebal, dan emosi tak bisa dibendung lagi.




Berkaitan dengan hal tersebut ada cara atau pun tips agar solder bisa menjadi lebih panas, dengan begitu solder yang kita gunakan untuk perbaikan elektronik akan mudah meleleh kan timah dan kita pun akan merasa nyaman saat melakukan perbaikan elektronik. Adapun cara modifikasi solder agar lebih panas adalah sebagai berikut :



Modifikasi solder  - www.divaizz.com




Komponen atau bahan yang dibutuhkan.  


  • 1 buah Trafo Stepdown minimal 1 Ampere.

  • 1 buah Elco 100uf / 400-450V.

  • 4 buah Dioda 2A - 5A.

  • Solder yang akan kita modifikasi.


Langkah-langkah modifikasi solder.


1. Modifikasi solder menggunakan Trafo.

Pada bagian Trafo antara 0 primer dan 0 sekunder dihubungkan kemudian salah satu kabel solder dihubungkan pada output Trafo 15V atau 18V dan untuk lebih jelas perhatikan skema gambar berikut.




Trafo non CT.

Modifikasi solder Trafo non CT - www.divaizz.com





Trafo CT.

Modifikasi solder Trafo CT - www.divaizz.com



2. Modifikasi solder menggunakan Dioda dan Elco.

Cara merangkai Dioda dan Elco sama seperti biasanya kita membuat adaptor atau power supply, ke empat Dioda saling di hubungkan dan di sambung ke Elco seperti skema gambar berikut.




Modifikasi solder  dan Elco - www.divaizz.com




Demikian lah cara modifikasi solder atau cara membuat solder menjadi lebih panas, semoga bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
apakah trafonya tidak panas? karena arusnya balik.
Reply Delete
Copyright ©2015 DIVAIZZ