Cara Memperbaiki Dispenser Tidak Bisa Panas/Dingin Atau Dispenser Rusak

Home , at 11:26 AM , has 2 komentar

Advertisement
DIVAIZZ - Cara memperbaiki Dispenser rusak tidak bisa panas/dingin. Cara memperbaiki Dispenser mati, cara memperbaiki Dispenser mati total, cara memperbaiki Dispenser error, cara memperbaiki Dispenser matot, cara memperbaiki Dispenser tidak berfungsi.


Dispenser merupakan peralatan rumah tangga yang memiliki fungsi serta kinerja yaitu mengalirkan air dari galon ke gelas air minum, sehingga kita akan semakin mudah, efisien, dan praktis dalam mengkonsumsi air minum bersih dan sehat.


Dengan kemajuan teknologi kini banyak dispenser yang telah dilengkapi sistem pemanas dan pendingin yang mana air yang keluar dari kran bisa air dingin dan juga bisa air panas atau kita bisa memasak air panas untuk keperluan membuat kopi atau pun teh, saat air mulai hangat maka lampu indikator akan menyala warna merah dan kuning dan setelah air sudah mendidih maka secara otomatis lampu indikator akan menyala hijau menandakan air telah siap di seduh untuk kopi dan teh.



Cara Memperbaiki Dispenser - www.divaizz.com



Saat ini Dispenser yang umum dan yang ada di pasaran telah tersedia empat model varian, yang mana dari model Dispenser tersebut tentu memiliki kelebihan dan juga fitur masing-masing yang diantaranya meliputi sebagai berikut:



Model Dispenser Pertama.

Model Dispenser yang pertama ini hanya menyediakan air biasa saja yang mana air dalam galon langsung disalurkan lewat kran dan biasanya wadah untuk galon terbuat dari keramik atau seperti wadah pot, tujuannya agar air menjadi sejuk dan dingin secara alami.



Model Dispenser Kedua.

Model Dispenser yang kedua adalah model yang paling umum dan bayak digunakan dalam kalangan masyarakat yang mana model Dispenser yang kedua ini menyediakan air biasa dan juga air panas, air biasa disalurkan langsung ke kran warna biru, sedangkan air panas masuk dan ditampung dalam tabung pemanas terlebih dahulu untuk dimasak oleh elemen pemanas Dispenser kemudian disalurkan ke kran warna merah.


Model Dispenser Ketiga.

Model Dispenser ketiga ini menyediakan air dingin dan juga air panas yang mana air panas dimasak atau dipanaskan oleh elemen pemanas, sementara air dingin dihasilkan dari tabung pendingin yang di dingin kan oleh elemen pendingin,yaitu peltier.


Model Dispenser Keempat.

Untuk model Dispenser keempat sistem dan cara kerjanya juga sama seperti Dispenser model ketiga namun, pada model Dispenser keempat sistem pendingin telah menggunakan sistem seperti kulkas atau menggunakan kompresor sebagai sistem pendinginan.


Dispenser Plus Kompresor - www,divaizz.com



Dari berbagai model dan varian Dispenser tersebut terkadang kita dihadapkan masalah atau kerusakan yang kerusakan tersebut yang umum dan sering terjadi meliputi:


Dispenser Bocor.

Kerusakan Dispenser bocor ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti selang bocor,kabel ties (pengikat selang) putus, kran tidak menutup sempurna, dan galon bocor halus. Perhatikan dari mana asal kebocoran, jika dari didalam dispenser maka lakukan cek pada selang dan kabel ties yang ada dalam Dispenser tersebut.


Dispenser Lampu Indikator Mati.

Kerusakan lampu indikator Dispenser mati disebabkan oleh rangkaian elektronik pada lampu indikator rusak dan tidak bekerja atau dari lampu Led nya mati. Untuk kerusakan seperti ini biasanya elemen pemanas tetap bekerja dan panas. Silahkan lakukan pemeriksaan atau cek pada komponen terkait seperti dioda, resistor dan led itu sendiri.


Dispenser Mati Total / Tidak Menyala.

Kerusakan Dispenser mati total ditandai dengan Dispenser tidak menyala walau steker telah di colok kan ke listrik, kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh kabel ada yang putus, saklar rusak, dan thermofat rusak/putus.


Thermosfat Dispenser - www.divaizz.com



Dispenser Tidak Panas.

Kerusakan Dispenser seperti ini ditandai lampu indikator Dispenser menyala merah dan kuning namun setelah kita membuka kran warna merah air tidak panas atau seperti air biasa, kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh kabel ada yang putus, elemen pemanas rusak.


Elemen Pemanas Dispenser - www.divaizz.com



Dispenser tidak mau dingin.

Kerusakan Dispenser tidak bisa dingin biasanya terjadi karena thermosfat Dispenser telah rusak selain itu bisa juga karena kompresor rusak sebaiknya cek juga untuk kabel-kabel nya.


Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki Dispenser rusak tidak bisa panas/dingin. Semoga bisa menambah wawasan terlebih dari itu semua semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Advertisement

Bagikan Artikel Ke : Facebook Twitter Google+
Emang ada compresornya.. hijhik kayak kuljas
Reply Delete
Iya ada tuh model dispenser yang keempat yang sudah ada kompresornya.
Reply Delete
Copyright ©2015 DIVAIZZ